cara-menggunakan-mesin-las-listrik

Cara Menggunakan Mesin Las Listrik

Cara menggunakan mesin las listrik akan dibagikan pada kesempatan kali ini. Sebenarnya ada beberapa jenis las listrik, untuk las listrik yang akan dibahas berikut ini merupakan las listrik 900 watt. Las listrik ini cukup banyak digunakan di Indonesia, terutama untuk pembuatan pagar, kanopi dan lain sebagainya. Kekurangan las listrik ini yaitu kurang atau bahkan tidak cocok digunakan untuk besi tipis. Karena wattnya sendiri cukup besar, besi tipis biasanya tidak mampu menahan panas yang diberikan las listrik ini. Untuk itu penggunaan las listrik ini hanya digunakan untuk besi-besi tebal.
cara menggunakan las listrik 900 watt,cara menggunakan mesin cuci,cara menggunakan mesin cuci 2 tabung,sharp,dalam bahasa inggris,lg turbo drum,electrolux,samsung wf0702nce,
Lalu, bagaimana cara menggunakan mesin las listrik 900 watt ini? Bagi Anda yang belum pernah menggunakan las listrik, Anda tentu akan merasa kesulitan ketika pertama kali harus menggunakannya. Simak uraian berikut ini yang akan membahas mengenai cara memasang dan juga menggunakan mesin las listrik. Ini dia langkah-langkahnya:
1. Pasang clamp massa
Langkah awal dalam penggunaan mesin las listrik yaitu pasang clamp massa di terminal minus dan tang pemegang elektroda di terminal plus.
2. Pilih ampere
Selanjutnya pilih ampere sesuai dengan benda kerja yang akan Anda las. Penentuan ampere akan menentukan seberapa panas yang akan dihasilkan. Semakin besar amperenya maka akan semakin besar pula panas yang dihasilkan. Semakin panas las listrik tersebut maka benda yang dilas akan semakin mudah bolong.
3. Gunakan kacamata las
Cara menggunakan mesin las listrik selanjutnya yaitu jepit elektroda pada tang. Setelah itu, gunakanlah kacamata khusus untuk las agar tidak terkena efek samping sinar ultraviolet. Seperti yang Anda ketahui, sinar ultraviolet sangat berbahaya bagi mata manusia. Kacamata yang benar untuk melakukan las yaitu kacamata yang benar-benar gelap. Dengan begitu sinar ultravioletnya tidak akan memberikan efek buruk bagi mata Anda.
4. Jepit tang massa
Langkah selanjutnya yaitu jepit tang massa di benda yang akan Anda las. Setelah itu, letakkan elektroda pada benda tersebut untuk memulai pengelasan. Dalam hal ini, tidak semua orang dapat mengelas dengan hasil yang bagus. Namun jika Anda terus berlatih maka kemampuan Anda semakin hari akan semakin meningkat. Dalam mengelas sebaiknya utamakan keselamatan Anda sendiri, jangan sampai terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan.
5. Pecahkan fluk
Saat membeli mesin las biasanya akan dilengkapi dengan alat besi pada bagian ujung serta sikat pada bagian belakang. Gunakan alat tersebut untuk memecahkan fluk, fluk adalah pembungkus hasil pengelasan. Ketok-ketok lalu sikat, lakukan secara perlahan dan rapi agar hasil las yang Anda lakukan juga terlihat rapi. Sampai di sini, cara menggunakan mesin las listrik sudah selesai untuk Anda lakukan.
Mengelas memang pekerjaan yang tidak mudah, perlu keahlian khusus dalam bidang ini. Walaupun ada banyak orang yang bisa mengelas, belum tentu hasil pengelasannya rapi. Untuk jenis mesin las 900 watt ini cukup populer di Indonesia. Dengan mesin las ini Anda sudah dapat membuat kanopi atau pagar sendiri. Cara menggunakan mesin las listrik ini sangat sederhana sehingga Anda dapat melakukan pengelasan dengan mudah.
Jika anda membutuhkan peralatan las, kunjungi mesinlas.net Toko Online Jual Peralatan Las
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s